Minggu, 28 Mei 2017

16 Wisata Pantai Indah di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan dengan ibukotanya Banjarmasin adalah provinsi dengan garis pantai yang panjang. Meskipun tidak ada pantai yang terletak di Banjarmasin, namun pantai-pantai tersebut bisa dikunjungi dengan mudah karena jalur yang memadai. Pantai-pantai di Kalimantan Selatan memanjang melalui Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, hingga Kotabaru.

Adapun pantai-pantai menarik yang patut dikunjungi di Kalimantan Selatan adalah:

1. Pantai Angsana


Pantai Angsana terletak di kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Terdapat resort yang nyaman untuk menginap. Keunggulan pantai angsana adalah biota laut yang indah. Menyelam di pantai angsana akan disuguhi dengan berbagai karang yang indah. Selain itu juga terdapat wahana permainan air seperti banana boat.

2. Pantai Batakan


Pantai Batakan berada di Kabupaten Tanah Laut. Jika dibandingkan dengan pantai lainnya, lokasi pantai Batakan relatif dekat dengan kota Banjarmasin. Selain pemandangan alam yang indah, pengunjung bisa menyeberang ke Pulau datu yang berada dekat pantai Batakan.

3. Pantai Takisung


Pantai Takisung berada di Kabupaten Tanah Laut. Merupakan pantai yang paling dekat dari Banjarmasin. Selain menikmati pemandangan berbagai antraksi pantai juga terdapat di sini. Wisatawan bisa bermain banan boat dan permainan air lainnya.

4. Pantai Pulau Birah Birahan



Pulau Birah Birahan adalah sebuah pulau kecil di Kabupaten Pulau Laut Kotabaru. Pantai putihnya bersama dengan laut biru menjadi perpaduan yang indah.

5. Pantai Pagatan


Pantai ini berlokasi di Kabupaten Tanah Bumbu. Daya tarik pantai ini ialah saat diadakan pesta pantai. Pasirnya berwarna putih dengan pemandangan yang indah.

6. Pantai Gedambaan


Pasir putih yang indah menjadi daya tarik bagi pantai ini. Pemandangan alam yang menakjubkan menambah keindahannya. Pantai ini berada di Kotabaru dan tidak jauh dari pusat kota.

7. Pantai Rindu Alam


Pantai Ini terletak di Kabupaten Tanah Bumbu dan berdekatan dengan jalan utama. Merupakan pantai yang cocok untuk liburan keluarga.

8. Pantai Joras


Pantai Joras terletak di Swarangan Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut. Joras sendiri berasal dari kata Jorong Swarangan. Pantai yang luas ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk beistirahat sejenak.

9. Pantai Sungai Pampan


Pantai ini masih berada satu garis pantai dengan Pantai Joras. Namun karena beda pengelola, maka beda nama. Wisatawan dapat berjalan kaki dengan mudah dari pantai Joras sampai ke pantai ini.

10. Pantai Asmara


Lokasinya di Jorong Kabupaten Tanah laut. Pantainya indah dengan air laut yang bersih. Nama Asmara adalah singkatan dari Asam-asam Muara yang merupakan nama desa tempat pantai ini berada.

11. Pantai Cemara Indah

Pantai Cemara Indah berada di Pulau Salak, Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. Merupakan salah satu pantai tujuan wisata.

12. Pantai Sungai Cuka


Pantai Sungai Cuka berlokasi di Satui, Kabupatan Tanah Bumbu. Di sini juga terdapat terumbu karang yang indah.

13. Pantai Samber Gelap


Pantai ini terletak di kabupaten Kotabaru dan terletak cukup jauh dari Banjarmasin. Meskipun begitu keindahan alamnya tidak akan membuat kecewa. Samar Gelap sendiri adalah sebuah pulau yang bisa ditempuh dengan kapal. Di pulau inilah banyak penyu berkembang biak. Tempat untuk menyelam pun juga tersedia.

14. Pantai Seratak


Pantai Seratak terletak di Kecamatan Pulau Laut Timur, masih di Kabupaten Kotabaru. Pantai ini berupa bebatuan karena berdampingan dengan pegunungan. Pantai dan pegunungan yang bersisian menjadi keindahan tersendiri bagi pantai ini

15. Pantai Teluk Tamiyang


Pantai ini masih terletak di Kotabaru, namun di bagian barat. Sunset yang indah serta terumbu karang dan rumput laut menjadi keunggulan tersendiri bagi pantai ini. Terumbu karang di sini masih asli dan belum tersentuh. Wisata bawah lautnya tidak kalah dengan Teluk Bunaken.

16. Pantai Pulau Sembilan


Pantai Pulau Sembilan berdekatan dengan pantai Teluk Tamiyang. Tidak ada salahnya menyempatkan diri ke sini setelah dari Teluk Tamiyang. Seperti halnya teluk Tamiyang, pantai ini juga memiliki terumbu karang yang indah untuk diselami.

Demikianlah pantai-pantai menarik di Kalimantan Selatan. Sempatkanlah menyinggahi salah satunya saat berkunjung ke Banjarmasin atau Kalimantan Selatan.
Disqus Comments